Koleksi etnografi Museum Nasional menyajikan benda-benda atau hasil budaya dari suku-suku bangsa di seluruh Indonesia. Indonesia memiliki lebih dari 300 suku bangsa yang memiliki bahasa dan kebudayaan yang berbeda-beda. Semboyan "Bhineka Tunggat Ika" mencerminkan kondisi masyarakat Indonesia yang bersifat majemuk atau multikultural. Benda-benda etnografis itu berupa peralatan hidup yang digunakan oleh suatu suku bangsa baik yang dipakai untuk kepertuan upacara maupun sehari-hari. Koleksi etnografi menunjukkan pengaruh berbagai kebudayaan pada masa Hindu, Islam, dan masa kolonial yang disesuaikan dengan kebudayaan setempat.
Penyajian koleksi didasarkan pada pengelompokan regional atau geografis yang memberikan gambaran tentang kebudayaan dari tiap-tiap suku bangsa di Indonesia. Untuk menggambarkan keanekaragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, ruang pameran etnografi dibagi menjadi tiga ruang. Bagian paling depan diawali dengan koleksi peta kelompok etnis dan bahasa dari berbagai suku bangsa menyajikan koleksi dari wilayah Indonesia bagian barat yaitu dari Pulau Sumatera dan Jawa. Di bagian tengah ruang pamer terdapat koleksi dari pulau Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Sementara di bagian belakang disajikan koleksi wilayah Indonesia timur, yaitu dari keputauan Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.
Sebagian besar koleksi etnografi dikumpulkan pada masa pemerintahan kolonial Belanda terutama pada pertengahan abad ke-19 dan awal abad ke-20 Masehi. Pengumpulan koleksi antara lain dilakukan melalui kegiatan ekspedisi ilimiah, ekspedisi militer, atau oleh perorangan seperti dari para pejabat pemerintah dan para penyebar agama Selain ruang tersebut, koleksi etnografi juga mempunyai ruang pamer khusus, yaitu ruang miniatur rumah adat, ruang tekstil, dan ruang khasanah emas etnografi.
Ruang miniatur rumah adat memamerkan berbagai model rumah adat dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Pada umumnya rumah-rumah tradisional pada suku-suku bangsa di Indonesia berbentuk rumah panggung yang disesuaikan dengan adat-istiadat dan lingkungan alam mereka. Ruang tekstil menampilkan berbagai koleksi tekstil yang berasal dari seluruh wilayah nusantara. Indonesia memiliki kekayaan tekstil tradisional yang membanggakan dan koleksi Museum Nasional menggambarkan hal ini.
Dalam masyarakat Indonesia, tekstil tidak hanya berfungsi sebagai pakaian tetapi juga mempunyai fungsi simbolis yang mempunyai arti secara sosiak dan religius yang dipakai untuk upacara-upacara tertentu.
Mahkota Siak
Emas, mirah, berlian;
Siak Sri Indrapura;
No.Inv. E26.
Mahkota ini berasal dari keluarga kesultanan Siak Sri Indrapura di Riau. Dibuat dari emas dan dihiasi permata berlian dan mirah, bermotif filigri dengan berbagai teknik. Setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945, Sultan Syarif Kasim II menyatakan kedaulatannya dan tunduk kepada pemerintah RI dan memberikan mahkotanya kepada pemerintah RI untuk kemudian diserahkan dan dipamerkan di Museum Nasional.
Hiasan Perahu Kora
Kayu, kerang;
Kepulauan Tanimbar;
No.Inv. 14308.
Hiasan ujung perahu Kora dari kepulauan Tanimbar berbentuk seperti kerucut yang menyerupai layar perahu, salah satu sisinya dihiasi dengan kulit kerang putih. Pada bagian atau bidang yang kosong dihiasi dengan ukiran bentuk spiral serta bentuk binatang berkaki empat di bagian bawah. Dalam alam pikiran masyarakat dari suku-suku bangsa di Indonesia mengenal adanya dunia atas dan dunia bawah, maka binatang berkaki empat dianggap sebagai binatang keramat. Sementara bentuk spiral sudah ada sejak jaman perunggu atau kebudayaan Dongson melintas jauh sampai di bagian timur Indonesia.
Wadah Tinta Tattoo
Kayu;
Dayak, Kalimantan Tengah;
No.Inv. 7669.
Kayu berukir dengan bentuk anjing berkepala naga disebut motif aso. Motif ini merupakan perwujudan nenek moyang yang amat ditakuti orang Dayak. Motif ini juga merupakan simbol kesuburan. Bagian punggung aso terdapat dua buah cekungan yang berfungsi sebagai wadah cairan tinta untuk tattoo atau merajah. Bagi orang Dayak merajah bagian tubuh dengan motif-motif tertentu dapat merupakan simbol bahwa ia orang Dayak, simbol kejantanan bagi laki-laki-laki dan juga sebagai simbol kebangsawanan laki-laki maupun perempuan. Menurut kepercayaan orang Dayak apabila ia meninggal kelak, bekas tattoo yang berwarna hitam ditubuh mereka akan berubah menjadi emas dan tubuhnya akan bercahaya.
Hiasan Dinding
Katun, manik-manik, kerang
Lampung, Sumatra Selatan,
No.inv. 28853
Hiasan dinding bermotif kapal yang dirangkai dari manik-manik dan kerang digunakan dalam upacara adat antara lain upacara perkawinan. Motif kapal merupakan simbol dari kehidupan seseorang sejak lahir, dewasa, menikah hingga meniggal (life cycle), mereka percaya bahwa roh orang yang meninggal dibawa ke dunia lain dengan kapal, sedangkan motif manusia merupakan simbol dari roh nenek moyang.
Hiasan Telinga
Besi
Dayak, Kalimantan
Nomor inv.9874
Perhiasan telinga berbentuk motif aso, yaitu perpaduan antara naga dan anjing yang distilir. Motif aso merupakan motif khas Dayak di Kalimantan, motif naga adalah simbol dunia bawah yang diasosiasikan dengan air. Air juga merupakan simbol perempuan yang dikaitkan dengan kesuburan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar