Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Pengantar Kepala Museum Nasional


Museum Nasional sebagai sebuah lembaga studi warisan budaya dan pusat informasi edukatif kultural dan rekreatif, mempunyai kewajiban menyelamatkan dan melestarikan benda warisan budaya bangsa Indonesia. Hingga saat ini koleksi yang dikelola berjumlah 141.899 benda, terdiri atas tujuh jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismatik-heraldik, sejarah, etnografi, dan geografi.

Penyelamatan dan pelestarian budaya ini pada hakikatnya ditujukan untuk kepentingan masyarakat, diinformasikan melalui pameran dan penerbitan-penerbitan katalog, brosur, audio visual juga website. Tujuannya agar masyarakat tahu dan ikut berpartisipasi dalam pelestarian warisan budaya bangsa.

Mengenai pameran, sistem penataan pameran di gedung lama (Unit A) berdasarkan pada jenis-jenis koleksi, baik berdasarkan keilmuan, bahan, maupun kedaerahan. Misalnya Ruang pameran Prasejarah, Ruang Perunggu, Ruang Tekstil, Ruang Etnografi daerah Sumatera, dan lain-lain. Sedangkan penataan pameran di gedung baru (Unit B atau Gedung Arca) tidak lagi berdasarkan jenis koleksi, melainkan mengarah kepada tema berdasarkan aspek-aspek kebudayaan yang memosisikan manusia sebagai pelaku dalam lingkungan tempat tinggalnya. Tema pameran yang berjudul “Keanekaragaman Budaya dalam Kesatuan” ini terdiri atas beberapa subtema antara lain [1] Manusia dan Lingkungan, [2] Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Ekonomi, [3] Organisasi Sosial dan Pola Pemukiman, dan [4] Khasanah dan Keramik.

Gedung Unit C direncanakan akan dibangun untuk memperluas tata pameran yang sudah ada dan untuk melengkapi subtema terakhir yaitu [5] Religi dan Kesenian. Hanya doa restu dan dukungan dari berbagai pihak (pemerhati museum, akademisi, pengunjung) yang kami harapkan agar pembangunan gedung selanjutnya dapat terlaksana. Terima kasih.

Kepala Museum Nasional

Dra. Retno Sulistianingsih Sitowati, MM

Sejarah dan Informasi Museum Nasional





Sejarah Museum Nasional

Museum Nasional berawal dari pendirian suatu himpunan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG), oleh Pemerintah Hindia Belanda pada 24 April 1778. Pada masa itu di Eropa tengah terjadi revolusi intelektual (the Age of Enlightenment) yang ditandai perkembangan pemikiran-pemikiran ilmiah dan ilmu pengetahuan. Pada 1752 di Haarlem, Belanda berdiri De Hollandsche Maatschappij der Wetenschappen (Perkumpulan Ilmiah Belanda). Hal ini mendorong orang-orang Belanda di Batavia (Indonesia) untuk mendirikan organisasi sejenis.

BG merupakan lembaga independen, untuk tujuan memajukan penetitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang-bidang ilmu biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, etnologi, dan sejarah. Selain itu BG menerbitkan berbagai hasil penelitian. Lembaga ini mempunyai semboyan "Ten Nutte van het Algemeen" (Untuk Kepentingan Masyarakat Umum).

Salah seorang pendiri lembaga ini, JCM Radermacher, menyumbangkan sebuah rumah miliknya di Jalan Kalibesar, suatu kawasan perdagangan di Jakarta-Kota. Dia juga menyumbangkan sejumlah koleksi benda budaya dan buku yang amat berguna. Sumbangan Radermacher inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya museum dan perpustakaan.



Selama masa pemerintahan Inggris di Jawa (1811-1816), Letnan Gubernur Sir Thomas Stamford Raffles menjadi direktur perkumpulan ini. Oleh karena rumah di Kalibesar sudah penuh dengan koleksi, Raffles memerintahkan pembangunan gedung baru untuk digunakan sebagai museum dan ruang pertemuan untuk Literary Society (dulu disebut gedung "Societeit de Harmonie"). Bangunan ini berlokasi di Jalan Majapahit nomor 3. Sekarang di tempat ini berdiri kompleks gedung Sekretariat Negara, di dekat Istana Kepresidenan.

Jumlah koleksi milik BG terus neningkat hingga museum di Jalan Majapahit tidak dapat lagi menampung koleksinya. Pada 1862 pemerintah Hindia-Belanda memutuskan untuk membangun sebuah gedung museum baru di lokasi yang sekarang, yaitu Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 (dulu disebut Koningsplein West). Tanahnya meliputi area yang kemudian di atasnya dibangun gedung Rechst Hogeschool atau "Sekolah Tinggi Hukum" (pernah dipakai untuk markas Kenpetai di masa pendudukan Jepang, sekarang Kementerian Pertahanan dan Keamanan). Gedung museum ini dibuka untuk umum pada 1868.

Museum ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk Jakarta. Mereka menyebutnya "Gedung Gajah" atau "Museum Gajah" karena di halaman depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada 1871. Kadang kala disebut juga "Gedung Arca" karena di dalam gedung memang banyak tersimpan berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode sejarah.

Pada 1923 perkumpulan ini memperoleh gelar "koninklijk" karena jasanya dalam bidang ilmiah dan proyek pemerintah sehingga lengkapnya menjadi Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (KBG). Pada 26 Januari 1950 KBG diubah namanya menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia. Perubahan ini disesuaikan dengan kondisi waktu itu, sebagaimana tercermin dalam semboyan barunya: "memajukan ilmu-ilmu kebudayaan yang berfaedah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepulauan Indonesia dan negeri-negeri sekitarnya".

Mengingat pentingnya museum ini bagi bangsa Indonesia maka pada 17 September 1962 Lembaga Kebudayaan Indonesia menyerahkan pengelolaan museum kepada pemerintah Indonesia, yang kemudian menjadi Museum Pusat. Akhirnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, No.092/0/1979 tertanggal 28 Mei 1979, Museum Pusat ditingkatkan statusnya menjadi Museum Nasional.

Kini Museum Nasional bernaung di bawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Museum Nasional mempunyai visi yang mengacu kepada visi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, yaitu "Terwujudnya Museum Nasional sebagai pusat informasi budaya dan pariwisata yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan peradaban dan kebanggaan terhadap kebudayaan nasional, serta memperkokoh persatuan dan persahabatan antarbangsa".


Alamat

Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta 10110
Telepon +62 21 386-8172

Jam Buka
Selasa - Kamis08.30 - 14.30
Jumat08.30 - 11.30
Sabtu08.30 - 13.30
Minggu08.30 - 14.30
Senin & Hari Libur NasionalTutup


Karcis Masuk
DewasaRp 5000 (Perorangan)
Rp 3000 (Rombongan)
Anak-anakRp 2000 (Perorangan)
Rp 1000 (Rombongan)
TurisRp 10.000


Koleksi Museum Nasional



Peta Lokasi Museum Nasional

Jumat, 08 Mei 2009

Dewi Ratih Ditelan Kala Rau pada 19 Maret 843


Syahdan, ketika para dewa berhasil merebut guci berisi air kehidupan (amerta) dari tangan para raksasa pada waktu pengadukan lautan susu (samudramanthana), berpesta poralah mereka minum air kehidupan. Tetapi diam-diam seorang raksasa, Kala Rau, ikut berbaur di antara para dewa hendak mencicipi air kehidupan. Ulahnya ini segera diketahui oleh Dewi Ratih yang kemudian memberitahu Dewa Wisnu.

Dengan cepat Dewa Wisnu menarik busur dengan anak panah diarahkan ke leher Kala Rau. Anak panah melesat mengenai leher Kala Rau dan putus seketika. Badan raksasa ambruk ke bumi, namun kepalanya yang sempat menenggak air kehidupan melayang ke angkasa. Kepala yang hidup itulah yang kemudian marah dan setiap saat meneror ingin menelan Dewi Ratih, dewi bulan, sehingga terjadi gerhana.

Untuk mengalihkan perhatian Kala Rau, masyarakat Bali memuku-mukul kentongan agar ia mengurungkan niatnya menelan dewi bulan. Kalaupun dewi bulan berhasil ditelan oleh Kala Rau, tentunya ia akan keluar lagi melalui leher yang putus itu.

Gerhana Bulan dan Matahari terjadi karena perpotongan antara orbit Bulan dan lintasan Matahari (dari sudut pandang geosentris) yang menghasilkan dua titik simpul, N1 dan N2. Kedua titik simpul inilah yang dalam astronomi Hindu disebut “planet” Rahu (simpul atas) dan Ketu (simpul bawah).

Itulah cuplikan kisah tentang terjadinya gerhana, khususnya gerhana bulan, yang masih diyakini masyarakat Hindu di Jawa dan Bali. Rau atau Rahu menurut astronomi Hindu adalah salah satu “planet” hasil perpotongan orbit bulan dan ekliptika (lintasan matahari).

Menurut astronomi Hindu ada sembilan planet (nawagraha) yang mengelilingi Bumi (faham geosentris), yaitu Aditya (Matahari), Candra (Bulan), Manggala (Mars), Budha (Merkurius), Brhaspati (Yupiter), Sukra (Venus), Sani (Saturnus), Rahu (simpul atas), dan Ketu (simpul bawah). Urutan nam-nama planet, kecuali Rahu dan Ketu, diadopsi menjadi nam-nama hari dalam pekan tujuh hari (saptawara), yaitu Aditya (Minggu), Candra atau Soma (Senin), Manggala atau Anggara (Selasa), Budha (Rabu), Brhaspati atau Guru (Kamis), Sukra (Jumat), Sani atau Sanescara (Sabtu).

Prasasti sebagai salah satu sumber sejarah yang penting tidak hanya mengungkapkan peristiwa-peristiwa politik, ekonomi, religi dan kehidupan masyarakat masa lalu, melainkan juga menyingkap pengetahuan-pengetahuan lain, salah satunya pengetahuan astronomi. Pengetahuan ini terungkap dari bagian prasasti yang menyebutkan titimangsa atau pertanggalan.

Dari unsur-unsur penang-galan itu tersingkap bahwa pengetahuan astronomi masyarakat Indonesia yang menganut agama Hindu dan Budha mengikuti faham geosentris, model astronomi kuno yang juga dianut ahli perbintangan bangsa India, juga bangsa-bangsa Eropa. Faham geosentris menempatkan Bumi sebagai titik sentral atau pusat dari alam semesta, semua benda langit termasuk matahari dan bintang-bintang mengelilingi Bumi.

Faham geosentris mulai ditinggalkan ketika Nicolaus Copernicus (1473-1543) mengajukan gagasan bahwa Matahari adalah salah satu bintang yang dikelilingi oleh planet-planet (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus) dengan masin-masing satelit (bulan) yang mengelilingi planet induknya, disebut faham heliosentris atau sistem Tata Surya. Disadari juga bahwa Matahari merupakan bagian dari gugus bintang yang dikenal sebagai galaksi Bima Sakti (Milky Way). Inilah tonggak terpenting dalam pengetahuan astronomi moderen.

Prasasti Sucen I adalah sebuah prasasti yang dipahatkan pada bagian dalam payung perak yang berdiameter 30,8 cm. Puncak payung dihiasi batu kristal berbentuk lonjong dan dibalut dengan lembaran emas. Artefak ini ditemukan di desa Sucen, kecamatan Kandangan, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dan hingga sekarang masih tersimpan di Museum Nasional Jakarta (nomor inventaris 3331/ 685a/A204. Yang menarik dari isi prasasti adalah bagian titimangsa yang menyebutkan bahwa payung perak ini dibuat pada saat “gerhana Bulan” (candragrahana) tahun Saka 765 bulan Caitra (= 19 Maret 843). Inilah fenomena astronomis pertama di Indonesia yang pernah disebutkan dalam prasasti.

Gerhana adalah peristiwa terhalangnya benda angkasa oleh bayangan benda angkasa lain, khususnya antara Matahari, planet, dan satelit planet (bulan). Gerhana Bulan, juga gerhana Matahari, adalah fenomena astronomis biasa yang terjadi setiap tahun. Gerhana Bulan terjadi pada saat bulan purnama (full moon), yaitu pada tanggal 14-15 menurut kalender Hijrah (Islam), atau tanggal 15 paro terang (pancadasi suklapaksa) menurut kalender Saka (Hindu). Sedangkan gerhana Matahari terjadi pada saat bulan baru (new moon), yaitu pada tanggal 29-30 menurut kalender Hijrah, atau tanggal 15 paro gelap (pancadasi krĕsnapaksa) menurut kalender Saka.

Dalam setahun maksimal terjadi gerhana bulan adalah 3 kali, sedangkan gerhana matahari maksimal 4 kali. Mengapa demikian? Karena bidang edar Bulan membentuk sudut sebesar 5º 9´ terhadap bidang edar Matahari. Seandainya bidang edar Bulan dan bidang edar Matahari adalah 0º maka gerhana Bulan dan Matahari rutin terjadi setiap bulan pada tanggal-tanggal tersebut.

Pada saat terjadi gerhana Bulan, Bulan akan memasuki dua bayangan Bumi yaitu penumbra (bayangan tambahan) dan umbra (bayangan inti). Ketika memasuki penumbra Bumi, cahaya Bulan akan tampak redup kemerahan, dan ketika masuk umbra Bumi keadaan Bulan benar-benar gelap total, hingga keluar lagi dari bayangan inti dan tambahan. Seluruh proses tersebut dilalui dalam waktu ± 5 jam. Oleh karena bidang edar Bulan miring terhadap bidang edar Matahari maka dalam setahun ada tiga kemungkinan terjadi gerhana Bulan, yaitu gerhana Bulan penumbral, gerhana Bulan parsial (sebagian), dan gerhana Bulan umbral (total).

Dalam kasus prasasti Sucen I tersebut, gerhana Bulan yang terjadi adalah gerhana Bulan total. Kontak pertama dengan penumbra Bumi terjadi pada hari Selasa tanggal 20 Maret 843 pukul 0:17 waktu Jakarta (tetapi menurut kalender Saka masih terhitung hari Senin tanggal 19 Maret karena pergantian hari baru terjadi saat matahari terbit sekitar pukul 6 pagi). Pukul 02:22 Bulan sudah memasuki umbra Bumi yang menandai gerhana Bulan total, hingga mencapai puncaknya pada pukul 02:56. Gerhana Bulan total baru berakhir setelah Bulan meninggalkan umbra dan penumbra Bumi pada pukul 05:28 pagi. Seluruh proses tersebut dilalui dalam waktu 5 jam 11 menit.

Demikianlah peristiwa gerhana Bulan total dalam prasasti Sucen I, sebuah peristiwa langka yang disaksikan oleh si penulis prasasti bernama Dang Hyang Guru dan mengabadikannya pada sebuah payung perak yang hendak dipersembahkan kepada dewa di Sima, pada hari Senin tanggal 19 Maret 843. Gerhana Bulan total terakhir tahun ini (2007) terjadi pada tanggal 28 Agustus, dan dapat disaksikan di Indonesia khususnya wilayah Indonesia Bagian Timur (WIT). Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya (WIB) puncak gerhana Bulan total terjadi pada pukul 18:07. [TRIGANGGA]

1 komentar:

  1. Saya warga desa Sucen temanggung tertarik sekali dengan ulasan ini. Kiranya bisa disertakan gambar prasastinya agar banyak masyarakat yang tau bentuk prasastinya seperti apa. Terimakasih

    BalasHapus